Halaman

Rabu, 29 Januari 2020

Servis Motor menggunakan aplikasi Bengkel Baik

    Lama sekali saya tidak pernah ke bengkel. Terakhir sepertinya waktu awal awal pindah rumah di Tembalang, sekitar pertengahan tahun 2018. Wow!   
Saat pertama kali ditawarkan untuk servis motor menggunakan aplikasi baru, saya langsung tertarik karena memang motor sudah perlu di servis. Cukup membantu karena kita tidak perlu repot repot ke bengkel hanya untuk booking. Dengan men-download aplikasi di Playstore dengan nama "Bengkel Baik" lalu masukkan kode referal saat mendaftar (info lebih lengkap kunjungi https://bengkelbaik.id). Setelah berhasil masuk, cari bengkel yang terdekat dengan rumah. Untuk proses booking untuk hari berikutnya ya. Ada voucher juga loh yang bisa langsung kita pakai dengan menukar poin yang kita punya. Voucher ini berlaku sampai 3 hari setelah proses booking dilakukan. Ini untuk proses awal sampai proses booking. Saya booking servis motor Beat yang dipakai untuk antar jemput anak anak sekolah di bengkel Danial Motor, Tembalang, karena terdekat dari rumah. Karena fungsinya untuk antar jemput sekolah maka saya namakan motor ini adalah Motor Sekolah. Hehehe...
Danial Motor, Tembalang (Pic.by: Weny)
    Selanjutnya saat hari H servis, datang ke bengkel yang sudah kita pilih, tunjukkan booking kita dari aplikasi. Jadi prioritas loh kalau booking via aplikasi... Oia, untuk menambah poin, di aplikasi ada game yang bisa dimainkan. Jadi kita gak akan boring nunggu motor diservis karena bisa sambil main, poin nambah pula. Poin bisa ditukarkan dengan voucher servis, ganti oli ataupun kopi gratis. Gimana gak asyik tuh aplikasinya...
Prioritas antrian no.1 (Pic.by: Weny)
    Nah, sekarang saya gantian cerita tentang proses servis di bengkel Danial Motor ini. Jujur ya di awal saya agak kaget ternyata bengkel yang ditunjuk tidak se-wah yang dibayangkan. Karena di aplikasi saja ada voucher minuman KopiBaik. Image yang tertanam di benak saya bengkelnya dengan fasilitas ruang tunggu yang memadai, tetapi setelah saya masuk ternyata bengkel "biasa." Karena sang pemilik bengkel responnya cepat dan tanggap, jadi cukup mengurangi kekecewaan saya mengenai image Bengkel Baik.

Beberapa fasilitas yang ditawarkan Danial Motor melalui Bengkel Baik (Pic.by: Weny)
    Pak Iwan, pemilik bengkel, menjelaskan sedikit mengenai harga servis sebesar Rp 65.000,- dan pelayanan yang akan digunakan apa saja, apakah hanya servis ringan atau dengan cek oli. Saya pilih servis ringan dan cek oli sekaligus, karena memang sudah sangat lama sekali tidak tersentuh tangan montir. Huhuhu... Voucher yang saya ambil untuk servis ringan sebesar Rp 25.000,-.  Gak pakai lama, pak Iwan langsung bergerak men-servis Motor Sekolah saya. Sebelum mulai beraksi, pak Iwan memakai rompi bertuliskan Bengkel Baik dulu di belakangnya. Jok motor juga dikasih penutup bertuliskan Bengkel Baik. Jadi dalam proses servis dibedakan antara booking melalui aplikasi Bengkel Baik dengan on the spot, alias langsung datang.
Pak Iwan mengenakan rompi Bengkel Baik sedang bekerja (Pic.by: Weny)
    Pak Iwan sangat detail dalam bekerja. Selama di bengkel, saya lihat beliau memiliki 2 orang karyawan. Dan memang bengkelnya ramai sekali. Setiap setengah atau satu jam sekali pasti ada yang datang. Setiap motor yang masuk langsung diberi nomer sesuai urutan kedatangan. Rata rata mereka yang masuk meninggalkan motor di bengkel. Entah mereka pulang lagi ke rumah atau bekerja dan mengambil motor setelah pulang kantor. Untuk lokasinya sangat strategis, tepatnya di Jalan Banjarsari Raya. Daerah yang ramai karena merupakan jalur alternatif ke arah Sigar Bencah. Kurang lebih 45 menit proses servis saja ditambah ganti oli dan Motor Sekolah saya kebetulan speedometernya mati jadi saya minta sekalian dibetulkan, tambah kira kira 25 menit.

History Transaksi dari aplikasi

    Setelah semua beres, saya minta rincian pembayaran. Ternyata di aplikasi muncul juga di Riwayat. Tidak sulit mengaplikasikannya. Mungkin karena masih baru (Senin, 27 Januari 2020 baru launching dan disosialisasikan. Saya servis Rabu, 29 Januari 2020) jadi beberapa bengkel (termasuk Danial Motor) masih asing dalam pengoperasiannya. Dengan adanya aplikasi Bengkel Baik ini, mau tak mau pemilik bengkel harus punya tablet untuk mengoperasikannya. Jadi ada beberapa pemilik yang masih ragu untuk mendelegasikan tablet ke karyawan jadi di aplikasi masih tertera TUTUP, padahal sebenarnya sudah buka. Hal ini karena pemilik lupa mengubah status atau bahkan tidak mendelegasikan adanya customer yang sudah booking dan harus dilayani saat itu juga. Semoga ke depannya lebih baik lagi dan para pemilik bengkel bisa segera beradaptasi dengan teknologi modern saat ini. Sejauh ini saya cukup puas dengan kualitas pelayanan dari Danial Motor. Maju terus #BengkelBaik karena #SelaluAdaKebaikan dengan #OrangBaik ;).




1 komentar:

  1. Asik ya sudah ada aplikasi bengkel baik. Ini khusus wilayah Semarang aja ya kayaknya. Semakin hari semakin canggih ya karena bisa booking servis motor melalui aplikasi bengkel baik.

    BalasHapus