Halaman

Senin, 27 Juni 2022

Yuks Semangat Nge-blog lagi!

 Hi Sobat!

Lamaaa sekali rasanya aku ga update blog. 

“Katanya blogger? Tapi kok males nge-blog?”

Kalimat yang langsung menohok di hati. Tapi ini justru jadi pemacu untuk menyelesaikan tulisan terakhirku yang masih terbengkalai. Dan kemudian justru muncul ide/ide baru untuk tulisan. Terima kasih kuucapkan untuk kakak-kakak di Gandjel Rel yang “memecut” aku lagi untuk update blog. Hehehe. Tema yang diberikan pun pas dengan kondisiku yang suka tiba-tiba males ngeblog atau buntu ide.


Beberapa alasan yang membuatku males nge-blog diantaranya :

1. Kesibukan mengurus anak-anak dengan berbagai kegiatan akhir tahunnya, persiapan pernikahan adikku, bla bla bla alasan lainnya

2. Sibuk dengan kegiatan rumah tangga.

3. Sibuk dengan social media, ini yang sering menyita waktu. Niat hati hanya ingin membuka wa, siapa tahu ada pesan penting yang harus dijawab saat itu, tapi akhirnya jadi berlarut-larut dengan membuka aplikasi lainnya.

Sebenarnya aku sudah punya beberapa draft yang kutulis dengan tema yang berbeda-beda. Tetapi karena kesibukan sehari-hari yang kadang juga tidak jelas, terbengkalai lah draft itu. Mau meneruskan ide yang awalnya mengalir deras kok tiba-tiba menguap. Mencari ide baru belum ketemu juga. Akhirnya aku merasa draft yang sudah kubuat seperti kadaluwarsa dan tidak layak di posting. Mungkin ini salah satu ketidakpercayaan diriku ya?! Atau mood yang suka datang dan pergi tanpa diundang?

Lalu gimana mengatasi mood itu ya?

1. Kupecut semangatku untuk mencoba menulis apa saja yang terlintas saat itu.

2. Ikut lomba blog, menang kalah aku tak peduli. Karena ini sarana aku belajar dan terus menggali ilmu tentang literasi dan trik-trik memenangkan lomba dengan membaca blog para pemenang. Aku terbilang gaptek dan masih harus belajar banyak tentang cara menulis yang menarik juga menghias blog. 

3. Mencari teman yang memiliki semangat tinggi menulis sehingga menularkan semangatnya padaku.

4. Kembali meluruskan niat saat awal nge-blog aku ingin bisa berbagi pengalaman dan menularkan semangat dan ilmu yang kudapat ke generasiku selanjutnya. 


Bagaimanapun aku akan terus berusaha menulis meski harus melawan rasa malas demi sebuah karya yang akan dikenang dan diingat orang lain, terutama anak-anakku. Alangkah senangnya jika hidup ini menjadi manfaat bagi orang lain dan menjadi penebar kebaikan. Aamiin.

Yuk sobat saling menyemangati dalam kebaikan!

20 komentar:

  1. Yuk, semangat ngeblog! Moga draftnya makin rutin dilahirkan jadi artikel, ya. Yang penting emang nulis dulu, kok. Ntar makin lama juga makin terasah

    BalasHapus
  2. Siip, semangat terus ngeblognya ya, Mbak. Karena menulis itu menyenangkan, bikin kita merasa berharga di antara kesibukan sehari-hari.

    BalasHapus
  3. Aku setuju mba..kembali mengingat niat awal ngeblog memang bisa menyemangati utk rajin ngeblog kagi, di sampung juga mengingat hal-hal menyenangkan karena ngeblog..hehe.. Yuuk..kita semangat lagi..

    BalasHapus
  4. Kalau nuruti mood atau kerjaan rumah, nggak akan ada habisnya ya mbaa. memang harus disempatin sih, dengan sedikit waktu yang kita punya untuk menulis blog. SEmangat ngeblog ya mbaa

    BalasHapus
  5. Males tu kalo dibiarin kelamaan malah makin menjadi ya mbak kalo lg badmood biasanya aku cari suasana lain dlu baca buku nonton film atau ngopi2 cantik insyaallah ga lama balik lg moodnya

    BalasHapus
  6. Sibuk dengan media sosial juga nih aku kayaknya, mbak. Scroll-scroll timeline IG dan nggak kelar-kelar. Akhirnya jadi malas nulis di blog. Ikut lomba blog memang bisa jadi semangat untuk menulis di blog ya, Mbak.

    BalasHapus
  7. Saya pendatang baru di dunia blog dan masih harus banyak belajar. Melihat blog teman-teman yang cantik-cantik dengan berbagai aplikasi dan gambar-gambar jadi lebih menambah semangat saya untuk belajar tentang blog.

    BalasHapus
  8. Kita mau menyadarinya atau nggak. Berkumpul dengan teman yang memiliki passion yang sama tu bisa jadi semacam penyemangat tersendiri untuk kita bisa kembali menekuni apa yang kita geluti lho.
    Semisal ada yang kita kurang paham. Kita bisa tanya ke teman-teman. Dan mereka akan dengan senang hati membantu.
    Iya nggak sih?

    BalasHapus
  9. Pekerjaan rumah, ngurus anak memang lebih utama sih, tapi banyak juga blogger yang bisa melakukannya. Tapi semua juga jadi pilihan, mau ngeblog rutin atau semampunya. Karena kita yang menjalani hidup ya
    Dan aku setuju bahwa hidup harus disi dengan hal yang bisa memberikan manfaat. Menurutku salah satunya dengan menulis hal hal baik, pengalaman kita, yang mungkin bisa berguna untuk pembaca

    BalasHapus
  10. Entah kenapa kalau ikutan lomba blog diriku malah kurang semangat ikutan. Mungkin karena udah pesimis ga bakal menang kali ya... Hahaha...

    BalasHapus
  11. Insya Allah habis ini tidak malas ngeblog lagi ya mba. Bener banget tuh, scrolling medsos kadang melenakan. Yang ada kita malah lupa untuk mencari referensi untuk ngeblog.

    BalasHapus
  12. Hayuk mbaaa semangat lagi aku pun nih sejak hamil aras arasen ngeblog mager mau rebahan melulu dan nggak kuat duduk lama.

    BalasHapus
  13. ayok, mbak. saya temenin ngeblog. biar semangat lagi nulisnya. apalagi kalau saling berkunjung dan ninggalin komentar, duh itu lebih seneng lagi

    BalasHapus
  14. Kalau diamati, sebenarnya semua ibu-ibu itu sibuk ngurus anak-anak, urusan dapur, dan ngurus keluarga. Makany suka salut sama mereka yang masih rutin update blog. Lah yang malas seperti aku juga ini harus introspeksi diri, kira-kira, why?

    BalasHapus
  15. Blogku juga kemarim sempat sepi, nyaris ada sarang laba2nya karena sok sibuk jagain anakku dan ngerjain pekerjaan rumahan, sampai-sampai buka handphone pun ga sempat 😅 masih newbie ngrus rumah tangga belum lihai manage waktunya..🤣

    BalasHapus
  16. hihi mood ini emang sih yang utama banget kalo aku. hayuuk, mari kita semangat ngeblog lagiii~

    BalasHapus
  17. ini nih sama kayak aku mba... kalau udah rempong sama urusan anak dan domestik udahlah... nulisnya jadi terbengkalai tak karuan hahahaha. buat balik insyaf supaya rajin nulis lagi biasanya harus dipecut sama komunitas hehehehe

    BalasHapus
  18. Bagi yang sudah menjelang manula gini katanya menulis bisa mencegah pikun juga. Semoga kita bisa membagi waktu buat nulis ya..Mbak..

    BalasHapus
  19. Salam kenal, Mbak. Salah satu hal yang membuatku semangat adalah tetap berada di grup blog, dari situ dapat banyak inspirasi menulis, alhamdulillah. Yuk, barengan update tulisan di blog lagi

    BalasHapus
  20. Aduh aku nih yg suka males2an nge blog :((( jadi merasa tertampar, dengan berbagai alasan ada aja untuk nunda nulis

    BalasHapus