Halaman

Selasa, 18 April 2023

Puasa main ke Solo Safari? Siapa takut!

 Hi sobat!

Lama sekali aku berhibernasi dari blog. Alhamdulillah tahun 2023 ini banyak sekali urusan, ujian dan lain-lain. Sampai tak terasa sudah memasuki bulan ke-4 dan aku sama sekali belum ada pergerakan di dunia blogger. Ampuuun… Sampai sempat terpikir untuk vakum saja. Tapi alhamdulillah masih ada bisikan manis yang membuatku bertahan dan lanjut lagi. 

Tak terasa Ramadhan segera datang dan tak akan lama. Tahun 2023 ini, jadwal puasa antara Muhammadiyah dan pemerintah alhamdulillah jatuh di tanggal yang sama, yaitu pada hari Kamis, 23 Maret 2023. Tepat sehari setelah Hari Raya Nyepi. Seperti biasa sebelum mulai puasa, tradisi di keluargaku pasti mengunjungi makam dan mulai mencicil membuat parsel. Karena saat puasa atau mendekati lebaran, pasar, swalayan, mall pasti ramai pengunjung. Karena itu aku pasti curi start untuk packing parsel. Dan pastinya juga curi start tadarus Al-Qur’an bersama anak-anak.

Pic: Canva

Yang berbeda di tahun ini dibanding tahun sebelumnya adalah sudah bebas dari pandemi. Jadi diperkirakan akan meriah sekali lebaran tahun ini. Beberapa tempat wisata baru juga sudah banyak dibuka. Dan aku sekeluarga bukan termasuk pengunjung yang datang saat lebaran. Entah kenapa semenjak pandemi, aku dan suami tidak terlalu suka tempat wisata yang ramai, penuh sesak. Karena itu, aku ajak anak-anak wisata saat puasa. Hehehe.


Jalan-jalan saat puasa

Sudah lama suami ajak aku dan anak-anak ke Solo Safari, tapi karena waktunya yang bentrok antara kantor dengan sekolah jadi baru bisa terlaksana justru saat puasa Ramadhan. Hari Senin, 17 April 2023 start dari Klaten. Sehari sebelumnya aku sekeluarga mengunjungi mertua sekaligus taruh baju-baju yang akan dipakai nanti saat lebaran. Maklum ya jumlah anggota keluarga banyak, kalau tidak dicicil bisa pusing sendiri. Hehehe. Berangkat ke Solo Safari dari Klaten sudah tengah hari karena suami harus kerja dulu. Perjalanan sekitar 1,5 jam. Sampai di tempat jam 12.30an. Kebayang panasnya ya, sob 😆.

Tiket sudah masuk harga high season. Padahal libur panjang ditetapkan pemerintah baru mulai tanggal 19 April 2023 tapi tiket tempat wisata sudah melonjak, sob! 

Ini harga tiket normalnya sob:

Weekday                                Weekend

Reguler:                                 Premium:

Anak 30.000                          Anak 60.000

Dewasa 45.000                      Dewasa 75.000

Kemarin aku sudah terkena harga :

Reguler     75.000

Premium 110.000

Dan ini tidak dibedakan antara anak dan dewasa. 

Lalu apa bedanya tiket reguler dan premium?

Edit by Canva
Untuk tiket premium ada satu lagi kelebihannya, yaitu penjemputan saat kepulangan menggunakan mobil buggy car, dari Makunde Bistro (restoran) menuju pintu edit. Jarak antara tempat parkir dengan pintu masuk lumayan jauh, sob. Aku pikir naik buggy car bisa sampai tempat parkiran sekalian eee ternyata masih harus jalan lagi. Karena modal irit, aku hanya beli tiket reguler. Alhasil kaki pada pegel semua. Ditambah gendong anak bontot yang ga mau lagi naik stroller. Mantap deh rasanya, sampai tak bisa terungkap dengan kata-kata. Hahaha.

Oia, untuk jam operasionalnya standart, sob!

Senin-Jumat    08.30 - 16.30
Sabtu-Minggu 08.00 - 16.30

Kawasan ini terletak di Jl.Ir. Sutami no.109, Jebres, Surakarta.

Sedikit info sejarahnya Solo Safari nih, sob. Solo Safari memang sejak awal sudah ada satwanya dan namanya Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ). Terletak di sebelah kampus UNS. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming mengungkap TSTJ resmi berganti nama menjadi Solo Safari. Seperti diketahui, saat ini TSTJ masih dalam tahap revitalisasi sejak 1 September 2022.

Yang membuat Solo Safari ini berbeda dengan Taman Safari Bogor, Bali, Prigen yaitu kita berkeliling kawasan dengan berjalan kaki dan restoran yang bisa sekaligus untuk melihat singa dan otter. 

Untuk pertunjukan ada juga kok, sob. Mirip dengan taman safari lainnya.

IG: Solosafari.id

Karena lelah, aku sekeluarga memutuskan tidak melihat pertunjukan gajah. Tetapi anak-anak sudah senang bisa beri makan burung pelikan. 

Pelikan show dengan memberi makan Pelikan

Alhamdulillah meski kaki pegal, penuh keringat, tenggorokan kering tapi hati senang. Next trip sepertinya masih sekitar Solo nih karena sekarang tempat wisata baru di Solo ada sekitar 5 spot dan kita baru satu spot saja. 

Ok sob, sekian dulu pengalaman Solo Safari. Sampai ketemu lagi di ulasan jalan-jalan berikutnya ya… 




14 komentar:

  1. Kayaknya lebih asyik pilih tiket premium ya, lebih komplit gitu :D Aku belum pernah berkunjung ke Solo Safari nih pas main ke Solo dua kali hehehe. Buat yang punya bocil, cocok banget ya berada di sini. Anak2 betah melihat hewan lucu2 dan si besar gajah. Wah, itu berjalan kaki terus? Kudu siap fisik deh hihihi...

    BalasHapus
  2. Aku sempat ke kebun binatangnya yang lama, belum sempat ditulis eh sudah diperbarui dan ternyata jauh lebih keren dan menarik ya berarti kudu ke sini lagi dengan anak-anak nih

    BalasHapus
  3. Wih seru nih sekarang solo punya Solo Safari bisa jadi alternatif kalo liburan ke Solo.

    BalasHapus
  4. Wah... kemana saja aku yaa..kok baru tahu ada Solo Safari ini? Tahu gitu kemarin pas ke Solo bisa mampir deh.. Terimakasih sharing pengalamannya ya mba.. mudah2an kami bisa jalan-jalan ke sana juga kapan2...

    BalasHapus
  5. Safari Solo ini memang banyak hewannya dan terawat, setelah diperbarui begini jadi lebih menarik buat dikunjungi. Semoga bisa ajak anak-anak ke sana pas liburan sekolah nanti

    BalasHapus
  6. Walau saya kelahiran Sragen pinggir, dekat Solo, tapi justru belum pernah main ke Jurug. Kangen jadinya baca ulasan mbak Weni

    BalasHapus
  7. Waktu itu pernah ke Solo, pas siang panasnya ternyata juga ga kalah sama Semarang. Btw, itu tiket weekday sama weekend bedanya lumayan juga ya.

    BalasHapus
  8. Waduh anak-anak minta kesana harus siap-siap gempor nih berarti wkkwkw berarti harus pakai alas akaki yang nyaman ya...

    BalasHapus
  9. Kebetulan besok minggu ada rencana ke Solo Safari pas adek kebetulan libur. Alhamdulillah dapet info pricelist dan reviewnya dari mbak Weny.

    BalasHapus
  10. Wah aku baru tahu dengan kebun binatang Solo yang baru, makin cantik juga tempat nya. Dengan tiket premium jadi lebih enak bisa ekplor lebih banyak meski kaki gempor. Tapi hati senang jadinya ya, bisa lah sambil istirahat biar lelahnya hilang dan semangat lagi jalan-jalan nya di Solo Safari

    BalasHapus
  11. Waahh boleh juga nih kapan2 ke Solo Safari bareng anak2. Kebetulan sekarang ada kereta Semarang-Solo yaa... Bisa banget nih diagendakan jalan2 ke sana.

    BalasHapus
  12. Wahhh bisa nih nanti pas weekend ke solo, apalagi solo kan dekat yaa sama semarang. makasih ya infonya

    BalasHapus
  13. Kebetulan aku berniat liburan ke Solo. Boleh juga ni Solo Safari dimasukkan dalam daftar destinasi liburan. Makasi sharingnya Mbak.

    BalasHapus