Halaman

Sabtu, 09 Juli 2022

Berlibur ke Kota Ukir, Jepara

Hi sobat!

“Libur tlah tiba…libur tlah tiba…hore…hore…hore.”

Penggalan lagu dari Tasya sering didengar saat musim libur sekolah seperti sekarang.

Anak-anak pun mulai sering menanyakan liburan kemana saja, diisi kegiatan apa. Tidak jauh berbeda dengan liburan tahun-tahun sebelumnya saat pandemi. Lebih banyak di rumah saja dan les-les seperti biasa saat mereka sekolah.

Mengatasi rasa jenuh dan bosan anak-anak selama liburan, aku mengusulkan untuk short vacation. Short karena memang benar-benar short dalam waktu dan tujuan. Tujuan dekat kota Semarang, waktunya hanya sehari semalam, 21-22 Juni 2022. Aku pilih tujuan Jepara. Alasannya? Karena anak-anak belum pernah ke arah sana. Setelah mendapat persetujuan dari suami, langsung saja aku cari info tentang penginapan, transportasi yang akan digunakan dan tempat wisata.

Ikon Kota Jepara (Kompasiana.com)

Sekilas info mengenai Kota Jepara

Kabupaten Jepara terletak di Pantura Timur Jawa Tengah yang bagian barat dan utaranya dibatasi oleh laut. Asal nama Jepara berasal dari perkataan Ujung Para, Ujung Mara dan Jumpara yang kemudian menjadi Jepara, yang berarti sebuah tempat permukiman para pedagang yang berniaga ke berbagai daerah.

Jepara dikenal sebagai kota ukir, karena terdapat sentra kerajinan ukiran kayu ketenarannya hingga ke luar negeri. Namun sentra perdagangannya terlekat di wilayah Ngabul, Senenan, Tahunan, Pekeng, Kalongan dan Pemuda. Selain itu, Jepara merupakan kota kelahiran pahlawan wanita Indonesia R.A. Kartini.

Berdasarkan pengalaman perjalanan sebelumnya, aku memutuskan menyewa Hi Ace lagi. Selain nyaman, semua barang bawaan dan penumpang masuk semua tanpa ribet dengan bagasi mobil yang kecil. Tapi sayangnya Hi Ace yang kusewa saat ke Jogja sudah full booked, jadi harus mencari alternatif lainnya. Harganya lumayan mahal dibanding sebelumnya. Sewa unit mobil+driver+BBM Rp 1.550.000/hari. Belum termasuk tol, makan dan ongkos menginap driver yang dipatok Rp 150.000/malam.

Baca juga : Sepenggal kisah di Jogja

Perjalanan menuju Jepara

Sebelum ke Jepara, aku dan suami memutuskan wisata religi terlebih dahulu. Karena start perjalanan pagi hari sekira pukul 6.20, jika langsung menuju Jepara masih terlalu pagi untuk cek in dan tempat wisata seputaran Jepara tidak terlalu banyak. Alhamdulillah niat yang sudah lama pernah terbersit akhirnya kesampaian juga justru tanpa rencana.

First destination is Demak, Kota Wali. Masjid Demak dan makam Sunan Kalijaga tujuan pertama kami mengenalkan Walisongo ke anak-anak.

Masjid Agung Demak

Setelah makam Sunan Kalijaga kami menuju ke Kudus, Kota Kretek. Kami mengunjungi Menara Kudus dan naik menuju makam Sunan Muria. Hanya saja anak-anak tidak sampai ke Sunan Muria karena jalannya harus ditempuh dengan ojek. Sewa ojek PP Rp 30.000.

Menara Kudus

Setelah Kudus langsung tancap gas menuju Jepara. Sebelum menuju penginapan, kami makan siang di sekitar pesisir pantai Bandengan. Sayangnya aku lupa namanya karena tidak merekomendasikan. Waktu tunggu makanan matang bisa dua jam! Fiuh! Tapi alhamdulillah rasa makanan lumayan bisa dirasakan, jadi mengobati kekecewaan kami setelah menunggu makanan berjam-jam lamanya.

Menginap dengan fasilitas private beach dan private pool

Setelah keliling-keliling, akhirnya menuju ke penginapan. Menurut info yang kudapat, sekarang banyak penginapan di Jepara yang menawarkan privat beach. Jadi pengunjung pantai tidak banyak dan bisa puas bermain di pantai. Setelah googling beberapa hotel dan villa, aku memutuskan menginap di Coconut Lodge Resort dan memilih villa dengan privat pool, supaya anak-anak puas berenang.

IG: Coconut Lodge Resort

Untuk villa yang kusewa ini dibanderol Rp 2.600.000 dengan fasilitas 2 kamar tidur, swimming pool dan area makan. Karena hotelnya termasuk baru, jadi masih bersih tempatnya. Hanya saja menu breakfast hanya beberapa, seperti nasi goreng untuk menu javanese, kentang, sosis, telur untuk menu western. Dan disiapkan sesuai pesanan, bukan prasmanan.

Pengalaman menginap di villa lumayan menegangkan. Entah kenapa listrik sering mati di villa kami. Saat dikonfirmasi ke petugas resort katanya baru kali ini terjadi. Padahal aku juga tidak membawa peralatan listrik kecuali charger handphone. Sebagai permintaan maaf, pihak resort memberi kami 2 loyang pizza. Alhamdulillah, rejeki.

Puas berenang di privat pool

Kolam renang umum untuk semua pengunjung Resort

Selain bermain di pool, kami juga bermain di pantai. Anak-anak puas bermain pasir. Tapi sayang sekali, airnya agak keruh dan kotor. Banyak batu-batu kerikil juga. Jadi saat terinjak kaki cukup menyakitkan dan bisa luka.

Pantai Demeling yang ada di depan Coconut Lodge Resort

Meski hanya menginap semalam tetapi terpuaskan karena anak-anak bisa bermain di pantai dan berenang sepuas mereka sampai waktu cek out villa.

Penutup perjalanan

Setelah cek out, kami menuju ke Museum Kartini sebentar lalu menuju ke pantai Kartini yang khas dengan ikon penyu raksasa. Kami hanya singgah sebentar karena sudah capek.

Berfoto di depan penyu raksasa

Perjalanan kembali ke Semarang kami mampir makan soto di Kudus. Sampai di Demak, perjalanan agak tersendat selain padat juga jalanan terkena imbas rob, banjir.

Yang penting anak-anak happy dan menikmati perjalanan. Semoga next aku bisa berbagi cerita perjalanan lagi yaaa.

Sampai jumpaaaa, sobat!

1. wah asyik banget nih resortnya. kebayang bisa liburan lebih lama lagi deh, oke. noted, ini bisa jadi alternatif kalau pas mampir ke jepara

2. Wah, keren banget nih jalan-jalan ke Jepara bersama keluarga menginap di resort cantik dengan kolam renang bagus. Seru amaaat ya ada penyu raksasa hihih anak2 pasti suka. Sekalian main ke Kudus ya, mayan juga ongkos ojek di sana 30K tapi puas bisa kesampaian ke kota Kretek.

3. Ditunggu mbak cerita liburan lainnya.☺
    Pengen deh bisa liburan bareng keluarga gitu, nunggu bayiku gede dulu sampe dia paham liburan itu apa..

4. Wah seru banget liburannya mbak, jadi pengen liburan juga. Kota Ukir bisa aku masukkan ke destinasi selanjutnya nih, Fasilitas hotelnya juga worth it banget ya mbak. Mantep euy.

5. Patung penyunya itu udah lama atau baru mba? Jaman dulu pas masa kuliah main ke sana koq ga lihat patung itu yaaa... mungkin terlewat saat melihat-lihat pantainya yaa...

Alhamdulillah bisa menyenangkan anak-anak meskipun ada beberapa pengalaman yang kurang berkenan di hati. Semoga tidak mengurangi keceriaan acara jalan-jalannya.

Balasan
    1. Udah lama kok mbak Uniek…di pantai Kartini tempatnya mbak.

Hapus
  6. MasyaAllah menyenangkan sekali bisa berlibur bersama keluarga tercinta. Selain sebagai sarana buat healing juga bermanfaat untuk bonding antar anggota keluarga ya mba. Selain itu bisa belajar sejarah pula.

7. Senangnyaa bisa liburan bareng keluarga. Pengen juga ke Jepara lagi, belum kesampaian bisa staycation di sana. Terima kasih infonya ya Mbak.

8. Sangat menarik nih mba.. Karena aku blm pernah secara khusus datang dan eksplore Jepara, hanya pernah singgah beberapa kali..maka membaca tulisan jni aku tertarik untuk mengagendakan dolan ke Jepara. Terima kasih infonya mba..

9. Jepara sekarang tambah bagus dan rame, banyak destinasi wisata baru. Jaman saya SMP dulu ortu dinas di Jepara, masih sepi banger mbak. Pantai Kartini juga masuh belum seperti sekarang.

10. Libur impian banget ini sih mba Weny pengen nyempil ikutan jadinya heheheh. Sekalian wisata religi ya. Aku belom pernah dolan2 ke Jepara.

Balasan
    1. Ntar mbak klo udh lahiran & debay agak Gede dikit dijadwalkan jln2 kesana. Hehe

Hapus
  11. Duuhhh tau ga mbak berapa x aja akj nyobain booking coconut lodge selalu full booked. Beruntung dirimu mbak. Jadi makin penasaran nih liat foto2mu nginep di coconiy lodge mbak

Balasan
    1. Masak sih mbak? Pas q ksana malah agak sepi…mgkn pas weekday ya jd ga rame bgt

Hapus
  12. Ikon penyu selalu jadi spot foto pengunjung yang datang ke Pantai Kartini. Keren sih, patung nya gede banget bisa untuk foto rombongan. Dulu depan patung itu banyak sampah, sekarang masih gitu juga gak, Wenny

1. Iya mbak Wati jorok tempatnya. Huhuhu…sedih

Hapus
  13. jepara, dan pantai pasir putihnya, inget dulu pernah mancing dan ngecamp di sana bareng temen-temen pas sunrise cantik banget mbaaak

14. Itu rumah makannya kok lama banget masaknya pe 2 jam. Pesan berapa banyak mba pe segitu lamanya?

Balasan
    1. Padaha klo psen tempat lain paling 15menit kelar mbak…

15. Penyu raksasanya lucuu sekaliii, jadi pengen kesana

16. Aku tuh belum pernah main ke Jepara padahal punya sahabat zaman kuliah tinggal di sana, asyik banget resort dekat pantai ya jadi ada kolam renangnya, ada pantainya anak-anak happy banget

17. Wah asik banget liburannya. Aku udah lama ga ke Jepara, jadi penasaran plus kangen juga main ke sana. Kayanya tempat wisata yang mba tulis ini perlu dikunjungi ya kalau liburan ke Jepara. Ditunggu cerita jalan2 lainnya mba

18. Aku akan kirim link ini ke suami buat referensi next trip, kebetulan kami sama2 blm pernah kesana. Makasih info transportasi dan akomodasinya ya mba

19. Jepara ada banyak pantai cantik ya dan hotel-hotel juga apik...sering buat penyeberangan ke Karimunjawa ya..aku belum pernah nih piknik Jepara..

20. Waah serunya, kok gak nyebrang ke Karimun Jawa sekalian Mbak. Oh iya itu Sunan Kudus Deket rumahku Looh ...

21. MasyaAllah, seru banget bisa liburan ke Jepara. Semoga saya ada kesempatan bisa ke sana juga. Makasih referensinya, Mbak

22. Pool nya bagus banget. Seru banget ya, bisa jadi referensi nih kalau ke Jepara

23. Inget Jepara, justru inget furniture. Tapi setelah liat ulasan ini, jadi pengen coba juga staycation di Jepara. Seru banget deh kayanya.